New to Busy?

Tips Memasak Sehat

1 comment

nizamsteem
42
3 months ago2 min read

Shared From Dlike

Berikut ini beberapa tips untuk memasak makanan lezat yang lebih sehat

  1. Kurangi Lemak

Lemak atau minyak goreng memang menjadikan makanan lebih renyah, lebih berasa dan juga lapisan yang creamy. Namun tantangannnya adalah bahwa lemak itu padat energi dan setiap sendok teh kecil minyak memberikan 45 kalori, dan memakan lemak terlalu banyak dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas, terutama jika kamu menjalani gaya hidup yang tidak aktif atau kurang gerak.

  1. Pilih Lemak yang Kamu konsumsi secara Bijaksana !

Selain mengurangi jumlah lemak, jenis lemak yang dikonsumsi juga penting.

Ada empat lemak makanan yang terbesar di dalam makanan yang kita makan lemak jenuh, lemak trans, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak jenuh dan lemak trans lebih padat pada suhu ruangan dan dikategorikan sebagai lemak buruk , karena asupan lemak-lemak ini menaikkan kadar kolesterol darah. Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda cenderung menjadi lebih cair (seperti cairan minyak sayur) pada suhu ruang. Lemak-lemak ini dikategorikan sebagai lemak baik , karena asupan lemak-lemak ini dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dan bermanfaat bila dikonsumsi sebagai bagian dari pola diet sehat.

  1. Tambahkan rasa manis sekedarnya saja

Mengonsumsi terlalu banyak gula, terutama jika dikombinasikan dengan gaya hidup yang buruk sangat tidak direkomendasikan, karena dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan.

  1. Kurangi garam, tambahkan rempah-rempah

Sodium adalah komponen utama garam meja. Ini secara alami terdapat dalam banyak makanan dan secara umum digunakan sebagai peningkat rasa. Banyak kajian telah menunjukkan bahwa konsumsi sodium yang berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

  1. Tingkatkan Serat !

Berbagai jurnal menunjukkan bahwa serat mempunyai banyak manfaat kesehatan yang menjadikannya komponen penting dari masakan yang sehat. Makanan yang tinggi dalam serat termasuk biji padi-padian seperti oat; buah-buahan, sayur-sayuran, beans, kacang-kacangan dan biji-bijian.


Source of shared Link

Comments

Sort byBest