New to Busy?

Tips : Membuat Password Kuat dan Mudah Diingat

2 comments

khanza.aulia
68
2 months agoSteemit3 min read


Image CC0 Pixabay

Saat ini beredar kabar banyak akun email atau media sosial yang dibajak dan disalahgunakan untuk hal negatif. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada akun Anda. Buatlah kata sandai yang kuat dan aman sehingga sulit dibajak oleh orang tak bertanggung jawab. Bagaimana caranya? Berikut tips membuat password yang kuat dan mudah diingat sehingga akun Anda tetap aman.

  • 1. Hindari Penggunaan Kata Sandi Umum
    Rangkailah kata sandi yang tidak umum dan unik, sehingga tidak ada orang yang bisa menebakknya. Menggunakan kata sandi dengan kata-kata umum bisa membuat orang lain mudah membajak akun Anda. Hindari penggunaan kata sandi seperti: iloveyou, 12345678, qwertyu, nama lengkap, atau nama orang-orang yang Anda kenal dan sebagainya.

  • 2. Buatlah Kata Sandi Perpaduan
    Untuk membuat kata sandi yang kuat, susunlah kata-kata dengan perpaduan huruf, angka, dan simbol. Susunlah kata sandi yang rumit, namun Anda bisa memahaminya. Menggunakan kata sandi dengan perpaduan tersebut akan lebih aman dan sulit dibajak daripada penggunaan password dengan kata-kata umum. Jangan lupa catat password akun Anda agar tidak lupa. Simpan catatan tersebut sendiri di tempat yang aman.

  • 3. Gunakan Password yang Berbeda-Beda
    Apabila Anda memiliki lebih dari satu akun, maka gunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun yang Anda miliki. Penggunaan kata sandi yang berbeda akan lebih aman, dibandingkan dengan kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Banyak orang menggunakan kata sandi yang sama dengan tujuan agar mudah diingat. Padahal hal ini berisiko pada akun Anda, apabila salah satu akun berhasil dibajak, maka akun lain dapat ikut dibajak. Jika Anda ingin membuat kata sandi yang mudah diingat, susunlah kata-kata yang paling Anda sukai atau ingat dan tambahkan simbol atau angka untuk memperkuat.

  • 4. Gunakan Alat Bantu
    Untuk memastikan bahwa password akun yang Anda miliki kuat dan aman, Anda bisa menggunakan tool khusus yaitu Password Manager, contohnya 1Password dan LasPass. Dengan tools tersebut, Anda bisa mendapatkan password acak dengan kekuatan tinggi sehingga sulit diakses orang lain. Hal ini tentunya akan membantu Anda mengamankan akun dari pihak yang ingin meretas akun Anda untuk kejahatan.

Cek kembali akun Anda, apakah sudah menggunakan kata sandi atau password yang kuat? Jika belum segera ganti password akun Anda dengan kata sandi yang lebih kuat dan mudah diingat. Demikianlah tips membuat password yang kuat dan mudah diingat sehingga akun Anda aman dari tindak kejahatan.

Referensi:
Referensi 01
Referensi 02


Regards,
@khanza.aulia

eSteem Footer Line


m2vd5l957z.png

referal-binance.png
referal-indodax.png
iOSAndroid
Get eSteem on AppStoreGet eSteem on Google Play

eSteem Footer Line

[email protected]🌐eSteem.app | 👨‍💻GitHub | 📺YouTube
✍🏻 Telegram | 💬Discord

Vote for @good-karma as a witness

Comments

Sort byBest