New to Busy?

Menara Siger dan Titik Nol KM Sumatra [Jelajah Silampung]

7 comments

kakilasak
62
2 years agoSteemit2 min read


Jika tugu titik nol kilometer Sabang dan Marauke adalah titik penghujung Republik Indonesia, berbeda halnya dengan di provinsi Lampung. Sebagai gerbang bumi Sumatra, provinsi Lampung mempunyai titik nol kilometer Sumatra.

Titik Nol Km Sumatra

Adalah bangunan megah Menara Siger yang berada di ketinggian 110 mdpl pada Bukit Gamping, Bakauheni, Lampung Selatan, merupakan penanda titik nol kilometer Sumatra.



Bangunan yang didesign oleh Ir. Anshori Djausal MT, mulai dibangun pada tahun 2005 dan diresmikan pada tanggal 30 April 2008 oleh Sjahroedin ZP yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Lampung.

Landmark kebanggan masyarakat Lampung ini dinamakan Menara Siger, karena memang bentuk bangunannya adalah Siger, yaitu mahkota wanita sebagai lambang pengantin wanita Lampung.

Menara Siger

Menara Siger ini akan tampak ketika kita memasuki gerbang pelabuhan Bakauheni. Bahkan jika malam hari, bangunan dengan warna kuning mentereng ini dilengkapi oleh lampu sorot, sehingga Menara tampak terang benderang.



Jadi, jika kita melewati Bakauheni, tidak ada salahnya singgah sejenak di Menara Siger, selain bentuknya yang unik, menara ini juga sebagai tempat beristirahat sambil melihat pemandangan laut Bakauheni dari atas bukit.



Sayangnya saat ini bangunan megah ini tidak begitu terawat. Cat bangunan sudah lusuh, taman bunga sudah menjadi semak belukar dan banyak dijumpai vandalisme. Ini harus jadi perhatian pemerintah, bahwa jangan hanya bisa membangun saja lalu tidak konsisten menjaganya, sehingga bangunan yang memakan biaya tidak sedikit ini berdungsi dengan baik dan ramai dikunjungi wisatawan.



Lokasi

Menara Siger Lampung
Jalan Raya Trans Sumatra
Bakauheni - Lampung Selatan
Lampung - Indonesia

Salam Kaki Lasak, Kemanapun Kaki Dilangkahkan

Follow Me :
Steemit @ kakilasak
Facebook @ husaini_sani
Instagram @ ucok_silampung & @ kaki_lasak
Whatsapp +6282166076131

Comments

Sort byBest