New to Busy?

Klub Sepakbola Terkaya Di Dunia (Part 3, Habis)

0 comments

anroja.sports
55
7 months ago4 min read

manchester-city-celebrate-2019-20_jhf258esnusz193ilffyt8a37.jpg

Sepakbola sekarang ini bukan hanya semata-mata aktivitas olahraga, tetapi sudah menjadi sebuah ladang bisnis yang menggiurkan. Para investor sudah banyak yang terjun ke klub sepakbola dengan cara membeli kepemilikan klub-klub di dunia. Kebanyakan para investor membeli klub kelas menengah di Liga-Liga Elite Eropa dan kemudian di guyur dana segar sehingga lamban laun klub tersebut menjadi besar dan mendatangkan keuntungan. Selain itu sebuah klub juga butuh dana segar dalam jumlah besar untuk membeli pemain bintang agar dapat bersaing di semua kompetisi. Sehingga uang menjadi salah satu penentu kesuksesan sebuah klub.

Salah satu properti paling panas dan cukup menguntungkan dalam sebuah klub sepakbola adalah para pemain. Selain pemain, klub juga dapat memperoleh pemasukan dari hak siar, tiket, merchandise, sponsor dan hadiah kejuaraan. Berikut ini adalah klub sepakbola terkaya di dunia saat ini.

4. Tottenham Hotspur

Klub yang baru saja berhanti pelatih dari Mauricio Phocettino ke Jose Mourinho adalah klub terkaya kedua di Premier League atau ke empat di dunia. Klub yang menjadi kuda hitam di Liga Inggris dan Liga Champions ini dalam satu dekade ini rutin berada di lima besar Liga Inggris dan selalu menjadi peserta Liga Champions. Itu merupakan sebuah modal mereka dalam mengumpulkan pundi-pundi uang. Selain itu Hotspur juga mendapatkan uang dari tiket pertandingan, hak siar dan menjual pemain.
Seperti halnya Arsenal, Hotspur juga sangat hati-hati menggunakan uangnya di bursa transfer. Mereka selalu membeli pemain kelas dua dengan harga murah dan gaji rendah untuk kemudian diorbitkan dan sewaktu-waktu di jual kembali dengan harga tinggi.
Kekayaan Tottenham Hotspur lebih dominan dalam aset pemain yang mencapai 830 juta Euro. Mereka juga memiliki aset berwujud yang cukup besar yakni 543 juta Euro. Hotspur lah klub yang memiliki aset berwujud paling tinggi. Selain itu mereka juga kas yang sangat banyak di bank yaitu 228 juta Euro dan mereka juga mendapatkan investasi potensial dari pemiliknya sebesar 115 juta Euro. Sedangkan utang bersih yang mereka miliki sebesar 421 juta Euro.

3. Bayern Munchen

Klub penguasa di Jerman ini merupakan klub tersukses di Jerman dan klub Jerman paling sukses di Eropa. Mereka sangat jarang absen dari Liga Champions dan selalu menjadi unggulan di Liga Champions. Mereka juga sangat digdaya di Bundesliga Jerman. Tidak ada klub Jerman yang memiliki keuangan setangguh Bayern Munchen. Semua klub Jerman seperti klub satelit bagi mereka, pasalnya saat terdapat talenta potensial di Bundesliga, Bayern Munchen lah prioritas utama yang menjadi destinasi pemain selanjutnya.
Aset pemain yang mencapai 852 juta Euro merupakan sumber kekayaan terbesar Munchen. Investasi potensial dari pemilik juga sangat besar yakni 322 juta Euro. Mereka juga mempunyai aset berwujud sekitar 167 juta Euro. Munchen juga memiliki utang bersih sebesar 576 juta Euro.

2. Paris Saint-Germain

Klub Terbaik Perancis saat ini merupakan klub kedua terkaya di dunia. Klub yang dimiliki oleh konglomerat Timur Tengah ini begitu jor-joran dalam membeli pemain, malahan mereka membeli pemain diatas nilai value tertinggi pemain tersebut. Dan pembelian terbesar mereka adalah Neymar yang menghabiskan 200 juta Euro lebih.
Klub yang menjelma sebagai salah satu raksasa Eropa ini memiliki aset terbesar di bagian pemainnya yang mencapai 820 juta Euro. Kemudian PSG juga mendapatkan kucuran dana dari pemiliknya yang sangat besar yakni 941 juta Euro. Merupakan investasi potensial dari pemilik klub tertinggi saat ini. Aset berwujud yang dimiliki oleh PSG sebesar 99 juta Euro dan mereka memiliki utang bersih yang sangat rendah yakni 37 juta Euro. Terendah dari 10 klub terkaya didunia.

1. Manchester City

Inilah klub terkaya di dunia saat ini yang dimiliki oleh konglomerat asal Timur Tengah. Sejak di bawah asuhan manajer Pep Guardiola, Manchester City menjelma sebagai klub raksasa di Inggris dan Eropa. Dalam beberapa musim ini mereka menjadi momok bagi klub manapun.
Manchester City sangat piawai memainkan peran di bursa transfer. Sehingga ini menjadi peran mereka dalam menghemat pengeluaran dari banyaknya pemasukan klub. Man City sangat jarang membeli pemain dengan harga sangat tinggi. Tapi tidak juga rendah. Tetapi mereka mendapatkan pemain bintang dengan harga di bawah nilai value.
Saat ini aset pemain yang mereka miliki mencapai 1 miliar Euro lebih yakni 1,058 miliar Euro. Mereka juga mendatangkan investasi potensial dari pemiliknya sebesar 647 juta Euro. Aset berwujud yang dimiliki oleh Man City juga besar yakni 471 juta Euro. Dan terakhir mereka juga memiliki kas di bank sebesar 21 juta Euro. Tapi sayang, utang bersih klub tidak diketahui.

Sumber gambar
Referensi

Comments

Sort byBest